Banner Govlog by XL Aviata

Rabu, 08 September 2010

Dunia Pertopengan

Percaya ga percaya gua punya banyak topeng. Bukan topeng buat pentas seni tari, bukan juga topeng biar berubah jadi makhluk ijo kayak di film The Mask. Tapi 'topeng' dalam artian pembawaan diri saat berintraksi dengan orang lain. Ga perlu dipungkiri lagi kalo dalam keseharian gua selalu pake topeng yang berbeda untuk ngobrol dengan orang yang berbeda pula. Dan ini baru disadari setelah denger khotbah hari Minggu di gereja. Trima kasih untuk kesaksian yang jujur dari Pak Tommy Sihotang yang udah menyadarkan diri atas dunia pertopengan ini. Dunia yang seakan bikin gua punya kepribadian ganda (dan kayaknya banyak orang juga ngalamin hal yang sama, tapi belum sadar).

Topeng di rumah. Topeng yang sewajarnya dipake seorang anak, seorang kakak, & seorang adik (itu semua jadi peran gua di rumah). Tapi orang ga akan nyangka kalo gua itu bukan seorang Mr. Nice Guy kalo lagi di rumah. Sering ngelawan mamah-papah, nyuruh-nyuruh adek pekerjaan yang bisa dilakuin sendiri, juga bikin jengkel abang & kakak. Hanya mau disuruh ngerjain sesuatu kalo udah diimingi sesuatu pula. Jadi abang yang sok care sama adeknya jika lagi ada maunya. Bakal ngomong yang sopan sama kakak kalo udah dibawain makanan. Ya itulah gua, dengan topeng yang bisa dikatakan buruk untuk dipake di keluarga.

Topeng di gereja. Sebutan sebagai anak Pendeta ga bikin gua ngerasa istimewa. Sama aja, sebelum & sesudahnya ga ada beda. Selalu males negor orang duluan, selalu ngeloyor kalo lewat di samping yang lain, selalu bercanda hanya pada yang akrab, & selalu-selalu yg lainnya. Hanya nunjukin senyum bila udah disapa orang ato kalo pengen pamit pulang duluan. Sedang kesal pun ga akan ditutupi dengan senyuman hambar (tapi kadang iya kalo lagi kepepet). Bahkan sama Pendeta selain bokap pun sama aja, ga ada beda. Ya intinya ga ada yang namanya topeng kemunafikan & topeng sok suci selama ada di gereja.

Topeng di kampus. Di sinilah gua pake topeng yang jauh berbeda dibanding 2 topeng di tempat sebelumnya. Seseorang yang murah senyum, penyapa yang baik, pemaaf, pemurah, penolong & hampir semua kebaikan manusia ada di topeng ini (inget, hampir semua bukan semuanya!!). Pokoknya nyaris-nyaris jadi seorang Mr. Perfectly Nice Guy kalo lagi di kampus ato di tempat-tempat lain jika ketemu kawan. Ga tau kenapa, tapi dari analisa sendiri kayaknya gua kena sindrom 'takut tertolak'. Sindrom yang bikin penderitanya merasa kesakitan bila tidak dapat diterima masuk ke suatu lingkungan sosial tempat di mana dia sering berada di dalamnya (ngarang.com). Tapi emang bener koq topeng kayak gitu yang sudah, sedang, & akan dipake terus untuk ke depannya. Topeng Mr. Nice Guy anti sindrom 'takut tertolak' (namanya ribet bener). Hahaha...

Sebenernya masih banyak topeng-topeng yang lain, topeng ketemu tetangga, topeng belanja ke warung, topeng ngendarain motor, dll dll dll. Tapi jujur ga ada sedikit pun kebanggaan dengan banyaknya topeng yang gonta-ganti dipake sesuai situasi & kondisi. Cuma ada rasa penyesalan, malu, & tertekan. Penyesalan karna ga bisa jadi anak yang berbakti & saudara yang penyayang. Malu karna selalu jadi manusia sombong yang ga peduli tata krama & sopan santun. Tertekan karna ga tahan dengan sikap seolah jadi manusia penjilat. Hehhh... Pengen banget berubah, tapi di sisi lain masih pewe make topeng-topeng ini. Yo wess deh selama Ariel Peterpan masih di penjara, kan ga ada lagi yang nyanyiin ke gua lagu "Buka dulu topengmu". Jadi marilah bertopeng ria :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar