Banner Govlog by XL Aviata

Minggu, 07 November 2010

Pengenalan akan Bidang Pemasaran

Di dalam bidang marketing atau pemasaran, dikenal adanya 4P atau disebut juga Mix Marketing. Yaitu antara lain:

- Product

- Promotion

- Price

- Place

Tapi dalam prakteknya penggunaan keempat hal tersebut di atas tergantung dari barang dan jasa juga pangsa pasarnya. Di dalam dunia bisnis tedapat dua faktor, yaitu eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah pesaing & konsumen. Sedangkan faktor internal adalah modal, sumber daya manusia, dan lain-lain. Sebuah peluang dan ancaman dalam dunia bisnis bukan dari dalam melainkan dari luar. Yang berasal dari dalam hanyalah berupa kekuatan dan kelemahan dari perusahaan itu sendiri.

Untuk memaksimalkan pemasaran, harus dilakukan sebuah segmentasi pasar. Yaitu membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik, atau juga perilakunya, yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah. Sedangkan pembidikan pasar adalah sebuah proses pengevaluasian daya tarik tiap-tiap segmen dan memilih satu atau lebih segmen mana yang akan dimasuki. Selain itu ada juga positioning of market, yaitu mengatur produk supaya dapat menempati posisi dalam benak konsumen yang jelas, khas, & diinginkan secara relatif terhadap produk pesaing.

Dalam pemasaran diperlukan juga sebuah strategi pemasaran, yaitu rencana tahunandan rencana jangka panjang. Rencana tahunan adalah rencana jangka pendek yang menguraikan situasi pemasaran saat ini, sasaran perusahaan, strategi perusahaan saat ini, program tindakan, dan pengendalian anggaran. Sedangkan rencana jangka panjang menguraikan berbagai faktor dan kekuatan utama yang mempengaruhi perusahaan beberapa tahun ke depan. Strategi perencanaan itu sendiri adalah sebuah proses mengembangkan dan memelihara strategi yang cocok antar tujuan dan kemampuan organisasi serta peluang pasar yang selalu berubah. Terdapat juga misi perusahaan yang adalah suatu pernyataan tujuan organisasi apa yang ingin dicapai dalam lingkungan yang lebih luas. Ada 4 langkah dalam strategi perencanaan:

- Mendefinisikan misi perusahaan

- Menetapkan tujuan dan sasaran perusahaan

- Merancang portofolio bisnis

- Perencaan, pemasaran, dan strategi fungsional lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar