Banner Govlog by XL Aviata

Minggu, 07 November 2010

Pengenalan akan Internet

Apakah internet itu?

Banyak sebutan yang diberikan oleh para peggunanya antara lain Cyber, e-world, Dunia Maya, dan sebagainya. Semua itu hanyalah sekedar istilah. Sebenarnya tidak ada definisi khusus mengenai Internet atau pun kepanjangan dari kata Internet karena Internet bukan suatu singkatan.

Sebagai gambaran umum, Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional yang memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.

Internet awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) pada sekitar tahun 60’an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET atau Advance Research Agency Network.

Beberapa universitas di Amerika Serikat, diantaranya UCLA, Stanford, UC Santa Barbara dan University of Utah, diminta bantuannya di dalam mengerjakan proyek ini dan awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi universitas yang berbeda tersebut.

Perkembangan ARPANET ini cukup pesat jika dilihat perkembangan komputer pada saat itu. Sebagai gambarannya pada tahun 1977, ARPANET telah menghubungkan lebih dari 100 mainframe komputer dan saat ini terdapat sekitar 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini.

Jumlah sebenarnya dari komputer yang terhubung tidak dapat diketahui dengan pasti karena perkembangan jumlah komputer yang terhubung dengan suatu jaringan semakin lama semakin besar.

Karena perkembangannya sangat pesat, jaringan komputer ini tidak lagi dapat disebut sebagai ARPANET karena semakin banyak komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung. Konsep ini yang kemudian berkembang dan dikenal sebagai konsep internetworking. Oleh karena itu, istilah Internet menjadi semakin populer dan orang menyebut jaringan besar komputer tersebut dengan istilah Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar