Banner Govlog by XL Aviata

Selasa, 28 Desember 2010

Caterham

Di seantero Britania Raya, nama Caterham sudah sangat populer dikenal sebagai produsen yang khusus membangun mobil-mobil sport berbobot ringan. Mobil-mobil lansiran mereka dibangun secara handmade dari lembaran aluminium yang disematkan ke sasis baja berbentuk pipa. Performanya yang luar biasa datang bukan dari mesin yang bertenaga besar melainkan lebih karena bobotnya yang sangat ringan. Beberapa modelnya memiliki bobot kurang dari 500 kg.

Kombinasi mesin dan sasis paling ekstrim yang pernah diciptakan Caterham di tahun 2004 adalah R500 Rover yang mengusung mesin MG Rover bertenaga 230 hp (horse power) yang mampu memecut bobot mobil seberat 430 kg melesat 0-96 km/jam dalam hitungan 3,4 detik.

Model paling mutakhir yang belum lama diperkenalkan Caterham adalah Superlight R400 2007 (gambar bawah). Model terbaru ini mengadaptasi formula serupa yang digunakan di Caterham Seven. Alhasil jadilah mesin Cosworth berkapasitas 2,0 liter ditandemkan dengan sasis lansiran de Dion. Resep inilah yang membuat Superlight mampu berlari 0-96 km/jam dalam hitungan di bawah 4 detik. Selain itu, Caterham Superlight juga mengemas velg dan ban Avon berdiameter 15 inci, limited slip differential, sayap depan serat karbon, jok bucket balap berbahan komposit, safety belt 4 titik, dan wind deflector yang juga berbahan komposit.


SUMBER: ASCOMAXX MEI 2006 #13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar